Jeruk Nipis dan Manfaatnya

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya manfaat. Buahnya berasa pahit, asam dan sedikit dingin, tetapi manfaatnya sangatlah beragam. Yuk kita simak tips cantik dengan jeruk nipis.


1. untuk membuat kulit muka bersih, halus, mengecilkan pori-pori kulit dan mencegah jerawat.
caranya, ambil satu buah jeruk nipis, belah lalu olekan keseluruh muka dan leher, tunggu beberapa menit sampai kering, setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini seminggu dua kali.

2. Bila pergelangan kaki ke bawah terasa lelah, rendamlah dengan air hangat yang telah diberi beberapa perasan jeruk nipis.

3. Biasakan siku dan lutut dibasuh dengan sebutir jeruk nipis, khasiatnya selain membuat putih juga kelihatan indah dan mulus.

4. Bila ingin bibir merah yang alami, caranya belah jeruk nipis olekan ke bibir. Setelah itu diamkan sejenak. Pasti bibir menjadi merah alami dan menawan.

5. Untuk mencegah dan mengurangi ketombe juga rambut rontok, rawatlah rambut dengan perasan air jeruk nipis. Caranya, carilah jeruk nipis lalu belah dua. Kemudian belahan jeruk nipis tersebut gosokkan pada kulit kepala tempat tumbuhnya rambut.

6. Jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat/teh hijau dapat menahan rasa lapar dan melangsingkan badan.

7. Untuk mengempiskan (mengecilkan) perut buncit, ambil jeruk nipis 1 sendok makan, kapur sirih basah 1 sendok teh, minyak kayu putih 1 sendok teh. Ketiga bahan tersebut di campur lalu oleskan pada perut dan pinggang hingga merata. Tunggu sampai kering lalu pakailah stagen atau korset untuk mengikat.

0 komentar:

Posting Komentar